Galeri Program Keahlian

  • 01_A_PH.jpg
  • 01_B_PH.jpg
  • 01_C_PH.jpg
  • 01_D_PH.jpeg
  • 01_E_PH.jpeg
  • 02_A_kuliner.jpg
  • 02_B_Kuliner.jpg
  • 02_C_Kuliner.jpg
  • 02_D_Kuliner.jpg
  • 02_E_Kuliner.jpg
  • 03_A_tkj.jpg
  • 03_B_tkj.jpg
  • 03_C_tkj.jpeg
  • 03_D_tkj.jpg
  • 03_E_tkj.jpeg
  • 04_A_rpl.jpg
  • 04_B_rpl.jpg
  • 04_C_rpl.jpg
  • 04_D_rpl.jpeg
  • 04_E_rpl.jpeg
  • 05_A_mm.jpg
  • 05_B_mm.jpg
  • 05_C_mm.jpeg
  • 05_D_mm.jpeg
  • 05_E_mm.jpeg
  • 06_A_bdp.jpg
  • 06_B_bdp.jpg
  • 06_C_bdp.jpg
  • 06_D_bdp.jpg
  • 06_E_bdp.jpeg
  • 07_A_akl.jpg
  • 07_B_akl.jpg
  • 07_C_akl.jpg
  • 07_D_akl.jpg
  • 07_E_akl.jpg
  • 08_A_otkp.jpeg
  • 08_B_otkp.jpeg
  • 08_C_otkp.jpeg
  • 08_D_otkp.jpg
Print Friendly, PDF & Email
Print Friendly, PDF & Email

PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KESISWAAN

SMK NUSANTARA 01

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

  1. LATAR BELAKANG

Indonesia telah terpuruk di bidang pendidikan selama kurang lebih satu dekade terakhir. Hal ini menjadi tugas bersama seluruh lembaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk membangkitkan kembali dunia pendidikan. Kebangkitan dunia pendidikan harus dimulai dari hal yang terkecil dan mungkin terlupakan oleh kita bersama. Salah satu masalah yang terlupakan adalah peran serta atau keaktifan siswa di luar jam belajar (ekstra kurikuler).

Sangat boleh jadi semangat belajar siswa ditentukan dari kepuasan mereka dalam menyalurkan bakat.

 

Bakat dan keinginannya. Faktor-faktor yang berhubungan secara langsung dan tidak langsung dengan siswa harus dijadikan sebuah tolak ukur untuk menentukan keberhasilan pendidikan.

 

Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang secara langsung berhubungan dengan siswa dan dapat mengembangkan minat, bakat, dan keinginan siswa. Prestasi demi prestasi akan terus dicetak oleh siswa jika sekolah memberikan dukungan yang lebih kepada siswa.

 

Tugas utama siswa di sekolah adalah belajar. Kegiatan di luar sekolah tentu bukan suatu batu loncatan ketika siswa tidak mampu lagi belajar. Kegiatan di dalam ekstra kuriuler haruslah menjadi penopang yang sangat kuat terhadap kegiatan belajar di sekolah.

 

  1. KEBIJAKAN UMUM

Wakasek bidng kesiswaan bertugas mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa. Harapan utamanya adalah bagaimana siswa menjadi insan beriman dan bertaqwa, terdidik, dan selalu mengembangkan kepribadiaannya untuk kemanfaatan pribadi, lingkungan dan orang lain.

 

Semua kegiatan siswa sudah terakomodir dan difasilitasi oleh sekolah. Berkenaan dengan tugas tersebut, wakasek bidang  kesiswaan sudah menentukan garis besar semua kegiatan yang boleh diikuti oleh siswa, diantaranya :

  • Semua kegitan dilaksanakan dengan izin kepala sekolah dan orang tua siswa
  • Semua kegiatan tidak melupakan tugas utamanya, yaitu belajar.
  • Semua kegiatan selalu berorientasi untuk pengembangan diri setiap siswa

.         Semua kegiatan didanai oleh komite sekolah dan dibantu oleh donatur yang tidak mengikat.

  • Jadwal kegiatan harus disesuaikan dengan agenda kegiatan sekolah.
  • Semua kegiatan sudah terencana dengan baik dan matang.
  • Semua kegiatan tidak menyebabkan ekses negatif baik untuk SMK

 Nusantara, maupun untuk yang lainnya.

.         Semua kegiatan ekstra kurikuler harus dilasanakan di luar jam sekolah kecuali dalam keadaan mendesak dengan izin kepala sekolah.

 

  1.  LANDASAN HUKUM

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, Pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik, dan Pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran, dan Pasal 12 Ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 5 s.d Pasal 18 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, yang memuat pengembangan diri peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan di fasilitasi dan/atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.

Dasar Standarisasi Profesi Konseling yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi konseling di sekolah dan di luar sekolah.

 

 

  1.  FUNGSI WAKASEK KESISWAAN

.        Mewakili kepala sekolah apabila kepala sekolah berhalanhadir kecuali masalah keuangan dan penandatanganan surat-surat yang tidak didelegasikan.

.        Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal semester dan melaporkannnya kepada kepala sekolah untuk mendapatkan pengesahannya.

.         Merencanakan dan melaksanakan penerimaan siswa baru.

.         Merencanakan dan melaksanakan masa orientasi siswa (MOS) siswa kels X.

Mengorganisir:

  • Kegiatan pembinaan OSIS.
  • Kegiatan Ekstrakurikuler.
  • Kegiatan Upacara Bendera.

.         6K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kerindangan, dan kekeluargaan).

  • Kegiatan pelepasan siswa kelas XII.
  • Kegiatan pendaftaran ke perguruan tinggi negeri

.         Mengatur tata tertib siswa dan dan mengurus siswa yang melanggar tata tertib.

  • Mengatur seluruh aktivitas siswa baik di dalam maupun di luar sekolah
  • Mengorganisir pelaksanaan karya wisata siswa.

.         Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon siswa penerima beasiswa bersama-sama dengan BP/BK.

 

  1.  VISI DAN MISI

Program kerja wakasek kesiswaan mempunyai Visi dan Misi yang sesuai dengan visi dan misi sekolah yaitu:

 

Visi :

  • Wadah Peningkatan kreatifitas;
  • Pengembang Intelektual dan Imtaq;
  • Pelestari Budaya Santun;
  • Pembimbing Menuju Sukses.

 

Misi :

.        Membina dan mengembangkan prestasi siswa sesuai bakat, minat, dan kemampuan;

.        Meningkatkan dan mengembangkan intelektualitas dan imtaq melalui pembinaan yang intensif;

.        Menjunjung tinggi martabatdan citra sebagai manusia terpelajar yang berbudi pekerti luhur, berkepribadian yang mantap, mandiri, dan berdisiplin;

.        Mengembangkan potensi siswa melalui peningkatan life skill sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memasuki tenaga kerja;

.        Mewujudkan kerja sama dan menjalin kekeluargaan diantara warga sekolah sebagai implementasi dari wawasan Wiyata Mandala.

 

  1. TUJUAN

Mengembangkan kreatifitas, bakat, dan minat siswa.

  • Membuat kegiatan-kegiatan yang berguna buat siswa.
  • Melaksanakan kegiatan yang kreatif dan inovatif.

.        Membuat program kerja setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan ekskul.

.        Membuat anggaran yang proporsional untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan ekskul.

Mencetak siswa yang berprestasi di dalam akdemik dan organisasi.

  • Memantau seluruh kegiatan yang bersifat prestatif.

.         Mengikuti seluruh turnamen, lomba-lomba, kuis-kuis, seleksi siswa teladan di ...... dan luar ......

.         Mengirim siswa berprestasi ke tingkat gugus dan tingkat Nasional di bidang olahraga dan akademik.

.         Mengutus siswa mengikuti seminar dan diklat yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian siswa.

  • Mendata kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh siswa

 

 

 

PROGRAM KERJA WAKASEK KESISWAAN

 

PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK

Adapun program jangka pendek merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan dalam kurun waktu 1 semester sampai 1 tahun, diantaranya:

  • Menyusun program kerja.
  • Menyusun jadwal kegiatan setiap kegiatan OSIS dan ekskul.
  • Membuat Tata Tertib Siswa.
  • Menyusun pengurus dan pembina OSIS dan ekskul.
  • Membuat skor sangsi setiap pelanggaran siswa.
  • Membina siswa yang bermasalah.
  • Memantau dan membimbing kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS dan ekskul.
  • Menjalin hubungan baik dengan wakasek kesiswaan dan siswa sekolah lain

.

PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG

Program kerja jangka panjang merupakan suatu rencana pencapaian tujuan kegiatan dalam kurun 2 – 5 tahun, diantaranya:

  • Membangun sekolah yang berwawasan disiplin dan patuh terhadap aturan yang berlaku.
  • Mencetak siswa yang berprestasi sampai tingkat nasional/international
  • Mengembangkan kepribadian siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku.
  • Mengirimkan wakil atau duta siswa yang mengikuti lomba mulai tingkat gugus sampai tingkat nasional dan international
  • Mencetak siswa yang mempunyai kemampuan bertaraf nasional dan internasional.
  • Mengirim utusan pertukaran pelajar dengan negara lain.
  • Mendata dan memberdayakan seluruh alumni SMK Nusantara 01

 

 

PENUTUP

  1.  KESIMPULAN

Semua kegiatan yang dilaksanakan, baik langsung oleh sekolah maupun oleh siswa yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian selalu terencana dengan baik dan matang dengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencana anggaran kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan agenda sekolah dan selalu dipantau oleh kepala sekolah melalui wakasek kesiswaan. Peran serta yang sangat aktif dari seluruh siswa sangat diharapkan demi terwujudnya kepribadian siswa yang menuju ke arah yang positif.

 

  1.  SARAN-SARAN

Sebaik apapun kegiatan itu terenca dan terlaksana, maka penulisan laporan pertanggungjawaban harus dibuat untuk dijadikan bahan evaluasi dan rekomendasi untuk kegiatan-kegiatan berikutnya. Harapan utamanya adalah kegiatan yang sudah terlaksana akan menjadi cermin atau gambaran, sehingga kegiatan berikutnya akan terlaksana dengan baik dan sukses.

Resumenya:

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan mempunyai tugas membantu Kepala Sekolah dalam urusan-urusan sebagai berikut :

  • Menyusun dan mensosialisasikan tata tertib siswa yang akan diterapkan kepada siswa
  • Mengatur dan mengkoordinir ketertiban, kedisiplinan, dan kehadiran siswa di sekolah serta masalah-masalah yang berhubungan dengan hal tersebut
  • Mengkoordinir program supervisi bagi siswa yang mempunyai permasalahan dalam :
  • Pengajaran
  • penyesuaian pribadi
  • Penyesuaian sosial
  • Penyesuaian emosional
  • Mengkoordinir pelaksanaan program kesehatan dan keamanan bagi siswa
  • Mengkoordinir dan membina program kegiatan OSIS / IRM yang berhubungan dengan kegiatan Dinas Pendidikan Nasional

.        Melakukan pembinaan dan pembimbingan pengurus OSIS dalam berorganisasi serta memantau realisasi kegiatannya.

  • Menyelenggarakan pertemuan antara perwakilan siswa dengan guru, dan karyawan
  • Bersama-sama dengan waka kurikulum untuk menyusun program pelaksanaan bimbingan bagi siswa teladan, atau siswa peserta olimpiade mata pelajaran
  • Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh para pembina ekstrakurikuler
  • Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan siswa, misalnya kegiatan tengah semester, kegiatan class meeting dll
  • Mengkoordinir penjaringan siswa-siswi yang akan diusulkan mendapatkan beasiswa dari pemerintah
  • Mengadakan pemilihan siswa yang akan mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
  • Bersama-sama dengan Pembina-pembina untuk mengkoordinir kegiatan penerimaan siswa baru, melalui serangkaian kegiatan :
  • Membentuk kepanitiaan
  • Perencanaan daya tampung
  • Pembuatan brosur PPDB dan penyebarannya
  • Pelaksanaan PPDB
  • Analisis daftar nilai
  • Pengumuman
  • Daftar Ulang
  • Hari pertama masuk sekolah
  • Bersama-sama dengan Waka Humas untuk mengkoordinir kegiatan studi tour
  • Mengkoordinir penempatan siswa dalam setiap kelas.
  • Mengkoordinir pelaksanaan Wisuda siswa
  • Mengkoordinir pencatatan dan penyimpanan dokumen prestasi akademik dan non akademik siswa
  • Menyusun, mengkoordinir dan memonitor kegiatan guru piket
  • Mengkoordinir kegiatan siswa yang akan mengikuti suatu lomba / kejuaraan.
  • Mengkoordinir dan menyiapkan petugas upacara
  • Mengkoordinir penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan.[ki]
Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
Print Friendly, PDF & Email

Assalamualaikum Wr. Wb

Puji syukur atas rahmat dan karunia Allah SWT, sehingga saya dapat menuliskan kata sambutan Ketua Jurusan Akomodasi Perhotelan SMK Nusantara 1 CIputat Kota Tangerang Selatan, dalam perkembangannya, SMK Nusantara 1 CIputat Kota Tangerang Selatan telah fokus secara konsisten pada misi utamanya pada pendidikan, sementara itu juga melahirkan lapangan professional lainnya. Untuk mainset visinya menjadi sekolah yang terkemuka dan sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat berdasarkan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa, bersaing secara global dari berbagai lapangan industry perhotelan dan pariwisata bertaraf Nasional maupun Internasional

 

 VISI

 Menjadikan salah satu Jurusan Perhotelan yang unggulan dan mencetak praktisi yang professional, kompeten, cerdas, kreatif, inovatif dan kompetitif dari bidang Pariwisata dan Perhotelan yang berakhlaqul karimah

 

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan perhotelan yang berkualittas untuk guna menghasilkan sumber daya manusia professional yang memiliki daya saing Nasional maupun Internasional dan mandiri.
  • Memperluas akses dan jejaring untuk mendukung perkembangan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri

 

TUJUAN

Tujuan program studi Akomodasi Perhotelan adalah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang perhotelan umumnya dan khusus. Kantor depan hotel (Front Office), dan tata graha (HK) sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan dunia kerja

 

PROGRAM KEGIATAN

 Membekali siswa dalam pengenalan dunia industry pariwisata dan perhotelan dengan kegiatan Overland baik tingkat Nasional maupun Internasional

  • Membekalli siswa dengan kegiatan table manner
  • Melaksanakan kegiatan dalam berwirausaha melalui program latihan kerja atau On The JobTraining selama 6 bulan
  • Mengikut sertakan guru dan laporan dalam program pendidikan dan pelatihan magang / study banding
  • Meningkatkan kompetensi dan wawasan siswa dengan mendatangkan guru tamu praktisi industri minimal 1 orang
  • Menyelanggarakan Uji Kompetensi Kehlian (UKK) dari LSP Pariwisata dengan tingkat kelulusan 95%

 

KOMPETENSI

 Kompetensi merupakan kegiatan akhir dan hasil belajar peserta didik Akomodasi Perhotelan untuk menguji kemampuan yang akan menentukan lulus tidaknya peserta didik untuk memperoleh sertifikat Uji Kompetensi LSP/BNSP secara Nasional yang sesuai dengan standar tujuan pembelajaran

 

PROFESI

Prospek karir yang bisa dipilih oleh lulusan Akomodasi Perhotelan,adalah:

  1. Front office
  2. Housekeeping
  3. Tour Guide / tour Leader
  4. Kitchen
  5. Travel agent Service
  6. Waiter / Tres
Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
Print Friendly, PDF & Email

SEJARAH SINGKAT SMK NUSANTARA

Tahun 2001, Yayasan Aldiana Nusantara (YAN) membuka lembaga pendidikan jenjang Sekolah Menengah Industri Parwisata (SMIP) kurikulum pada saat itu setara dengan Sekolah Menengah Atas (SMA), Tahun Pelajaran 2001/2002 merupakan tahun pelajaran pertama bagi kami, yang hanya memiliki belasan siswa dengan Program Keahlian Pariwisata dengan Bidang Keahlian Akomodasi Perhotelan. Sebelum membuka Sekolah Menengah Industri Pariwisata ini, Yayasan Aldiana Nusantara juga sedang menjalani lembaga pendidikan jenjang Diploma Tiga (D 3) yaitu Akademi Pariwisata Nusantara, yang dulu sering di sebut dengan AKPIN. Selain AKPIN, YAN juga menjalani lembaga pendidikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) atau yang dulu lebih sering di sebut UPER.

Tahun kedua dan ketiga, minat masyarakat untuk menitipkan putra putri nya kepada kami terus meningkat, dimana di tahun ketiga kami dapat menampung sekitar 70 siswa baru dan pada saat itupun kami masih dalam keadaan apa ada, dengan menyewa gedung sekolah milik Yayasan Gunadarma Jaya, atau yang dulu lebih sering dikenal sebagai SMK Imam Bonjol. Yang beralamat di Jalan Legoso Raya No.30 Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat, Kabupaten Tangerang (pada saat itu).

Semakin meningkatnya jumlah peminat, maka pada tahun ke empat, tepatnya Tahun Pelajaran 2004/2005 kami membuka Bidang Keahlian Baru, yaitu Bisnis Manajemen / SMEA atau yang biasa di sebut jurusan pemasaran dan Bidang Keahlian Usaha Jasa Pariwisata atau yang lebih di kenal dengan jurusan Travel, mengingat pada saat itu di wilayah Kabupaten Tangerang hanya ada 1 sekolah dengan jurusan travel dan berada sangat jauh di wilayah Alam Sutera, Bumi Serpong Damai (BSD).

Masuk Tahun ke enam, kami pun membuka bidang keahlian baru yaitu Teknik Informatika (TI) dan Farmasi. Semakin berkembang pesatnya teknologi, dengan alasan itulah kami membuka program keahlian tersebut, demi menampung aspirasi masyarakat pada saat itu, agar putra putri bangsa tidak tertinggal oleh teknologi yang kian hari kian canggih. Dan membuka bidang keahlian Farmasi dimana pada saat itu pula permintaan tenaga kesehatan yang semakin banyak dari dunia industri, dan kami lah satu satunya sekolah yang membuka bidang keahlian Farmasi  di wilayah Selatan Kabupaten Tangerang (pada saat itu).

Pertangahan tahun 2006, Yayasan Aldiana Nusantara (YAN) selesai membangun Gedung barunya milik sendiri, yang beralamat di Jalan Tarumanegara Dalam Nomor 1, Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat, Kabupaten Tangerang, sekitar 150 meter dari tempat dimana pertama kali berdiri dan membangun kepercayaan kepada masyarakat luas.

 

Pada tahun 2010, atas dasar pertimbangan pimpinan yayasan pada saat itu, melihat begitu banyaknya siswa dan jurusan yang ada maka untuk Jurusan Farmasi, Keperawatan dan Analis Kesehatan resmi melakukan pemekaran dengan membuka SMK Nusantara 02 Kesehatan.

 

Sekitar tahun 2014, sehubungan satu dan lain hal maka dengan berat hati YAN menutup program keahlian Usaha Jasa Pariwisata (UJP) / Travel di karenakan peminatnya yang semakin sedikit. Dan dibuka nya Jurusan Akuntansi, jurusan Teknik Informatika yang di bagi menjadi 3 yaitu 1. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), 2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), 3. Multimedia (MM). Tahun 2019, kami membuka Program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) atau yang dulu lebih di kenal sebagai Administrasi Perkantoran.

 

Kini SMK Nusantara 1 Ciputat, Kota Tangerang Selatan melayani 8 Kompetensi Keahlian, diantaranya adalah :

  1. Perhotelan
  2. Tata Boga / Kuliner
  3. Bisnis Daring dan Pemasaran
  4. Akuntansi dan keuangan Lembaga
  5. Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran
  6. Teknik Komputer dan Jaringan
  7. Rekayasa Perangkat Lunak
  8. Multimedia

 

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
Print Friendly, PDF & Email

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Dalam membangun sinergitas menuju terciptanya masyarakat sekolah yang memiliki tauhid yang loyalitas kepada Allah dan dapat merasakan Islam yang penuh rasa dan warna ini, maka perjuangan untuk berada pada jalur Al Qur’an dan As – Sunnah harus sesuai dengan pemahaman As-shalafus shalih adalah suatu hal yang konkrit dan tidak bisa ditawar-tawar. Selain itu, kapabilitas dalam manajemen berlembaga adalah bagian terbesar yang akan turut menjadi penopang dalam keberhasilan dakwah disamping rasa kebersamaan tentunya. ROHIS (Rohani Islam ) Sekolah sebagai salah satu dari sekian banyak organisasi yang ada di SMK Nusantara 1 Tangerang Selatan mempunyai beban yang berat dan harus mampu menjalankan peran aktif sebaik-baiknya. Dengan kekuatan ukhuwah yang didasarkan pada landasan aqidah yang lurus maka terefleksi sebuah komunitas yang dapat menjadi ushwah dan qudwah dalam merekonstruksi kekeliruan pemahaman yang telah mewabah di masyarakat sekolah secara umum menuju pemurnian tauhid yang sebenar-benarnya. Sehingga pada akhirnya mampu menyeimbangkan “Dzikir dan Fikir” dalam membangun generasi muda Islam yang tidak hanya pandai dalam agama tetapi juga pandai dalam mengolah nikmat Allah yang ada di alam.  

     Gegap gempita perjuangan dalam menggapai makna sesungguhnya dari sebuah pondasi yang kuat telah memahat sebuah prasasti bahwa sinergitas (kebersamaan) haruslah benar-benar dipupuk, apalagi kita berkecimpung di dalam komunitas sekolah yang sedang bergolak dengan keragam struktur sosial, intelektual, dan spritual. Memberikan sketsa peristiwa yang menyeruakkan kekayaan warna sekolah yang tercinta ini"


"Sejak awal pemberian amanah sebagai Pembina Rohis , saya memang menyadari akan segala kekurangan dan ketidakmampuan yang saya miliki dalam menjalankan amanah yang diberikan. Hal itu adalah sebuah bukti kekurangan saya sebagai manusia biasa yang jauh dari kata baik dan sempurna . Namun, mudah – mudahan apa yang telah saya dan Pengurus Rohis perbuat dan amalkan selama ini dapat bernilai ibadah di sisi Allah Subhanahu Wata'ala, amin. Dan apabila ada Kekurangan yang saya dan pengurus perbuat, hendaklah kita beristigfar kepada Allah Subhanahu Wata'ala dan kita jadikan bahan renungan menuju ke arah perbaikan di masa yang akan datang.

Saya menghaturkan ucapan terima kasih yang sebanyak - banyaknya kepada para pengurus dan Elemen-elemen penting di lingkungan SMK Nusantara 1 Tangerang Selatan yang telah banyak mendukung dan membantu dalam perjuangan dakwah ini. Tiada penghargaan yang dapat saya persembahkan kecuali ucapan terima kasih tersebut, karena hakikat penghargaan tertinggi itu hanyalah milik Allah  Azza Wajalla. Olehnya itu kepada-Nyalah kami perhadapkan segalanya.

 

Sebagai akhir kata, kami tetap mengharapkan sumbangan pemikiran yang bersifat konstruktif untuk pengembangan dan eksistensi ROHIS SMK Nusantara 1 Tangerang Selatan di masa yang akan datang. Semoga Allah Subhanahu Wata'ala tetap mencurahkan rahmat dan rahim-Nya kepada kita semua, agar kita dapat terus beristiqomah di jalan Allah Subhanahu Wata'ala"

 

 

 

 

VISI

Meningkatkan Pengetahuan , Pemahaman dan Pengaplikasian atas dasar-dasar Agama Islam Bagi Siswa / Siswi tanpa menghabat menggapai Prestasi

MISI

  1. Meningkatkan kecintaan dan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui kegiatan-kegiatan islamiyah
  2. Bisa mengaplikasikan dasar-dasar Agama Islam dan pembelajarannya di Lingkingan Sekolah SMK Nusantara 1 Tangerang Selatan
  3. Menjadikan siswa siswi SMK Nusantara berakhlakul Karimah sebagai karakter seorang muslim
  4. Menghimpun Informasi Sebanyak-banyaknya tentang Perkembangan Islam dan Pengetahuan Global
  5. Meningkatkan Kualitas siswa siswi dalam memahami dan mempelajari Al-Quran
  6. Mengembangkan kreatifitas dan inovasi dari Anggota untuk kepentingan Dakwa Syi’ar di Lingkungan Sekolah
  7. Saling berbagi ilmu Keislaman maupun komunitas tertentu yang berlandaskan islam yang baik
  8. Sebagai delegasi atau agen Sekolah untuk menjaga Kerukunan dan Tolerasi antar Umat beragama di Lingkungan Sekolah dengan Agama yang Heterogen
  9. Menjadikan Rohis sebagai contoh teladan disekolah

TUJUAN ROHIS

            Pada dasarnya tujuan Rohis ini tak lepas dari Visi dan Misi yang telah dipaparkan sebelumnya, yaitu menghasilkan siswa/siswi yang berprestasi yang berpegang pada Pondasi Dasar Agama Islam (Al-Quran dan As-Sunnah ) dan membentuk generasi islamiyah yang kuat untuk kemajuan Islam  saat ini.

PROGRAM KERJA

 

  1. Bidang Ibadah dan kajian keislaman
    1. Mengadakan KIR (Kajian Islam  Remaja)
    2. Mengadakan KAMUS ( Kajian Muslimah) untuk Hari Jumat Siang
    3. Mengadakan gerakan “sebelum pulang shalat ashar dulu” (Di Gedung 1 pembelajaran 2 shift)
    4. Mengadakan gerakan “ayo sholat dhuha” ( Dilaksanakan Minggu Ke-2 dan ke- 4 setiap Bulan )
    5. Meneruskan kegiatan shalat dzuhur berjamaah (di Gedung 2 Full Day).
    6. Mengadakan bakti sosial (terkena dampak Musibah )
    7. Mengadakan keliling dana Takziah
    8. Melaksanakan Jadual program adzan dzuhur setiap Kelas
    9. Menggalakan Amal Jum’at
    10. Mengadakan pesantren kilat (sanlat) di bulan Ramadhan .
    11. Menerapkan program “Ayo Makan Sambil duduk”
    12. Melaksanankan Istigosah kelas XII

 

 

B.Bidang PHBI

  1. Mengadakan pemotongan hewan qurban .
  2. Mengadakan lomba pada Tahun Baru Islam
  3. Melaksanakan dan Memperingati Hari Besar Agama Islam .

 

C.Bidang Al Qur’an

  1. Mengadakan program hafalan dan murojaah al qur’an.
  2. Melanjutkan program belajar al qur’an secara baik dan benar.

 

D.Bidang Seni dan Budaya

  1. Meneruskan dan mengaktifkan ekskul tilawah dan tahfiz.
  2. Meneruskan  dan mengaktifkan ekskul bahasa arab dan kaligrafi.
  3. Membuat Mading Keislaman
  4. Mengaktifkan eskul Muhadhoroh

mengaktifkan Eskul Marawis dan Hadroh

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang

Video 1


PENDIDIKAN DARING DI MASA PANDEMI

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sudah lebih dari enam bulan terakhir ini berdampak terhadap perubahan aktifitas belajar-mengajar. Tak terkecuali di negeri ini, sejak medio Maret aktifitas pembelajaran daring (online learning) menjadi sebuah pilihan kementerian pendidikan dan kebudayaan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas. Praktik pendidikan daring (online learning) ini dilakukan oleh berbagai tingkatan jenjang pendidikan sejak tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Tidak ada lagi aktifitas pembelajaran di ruang-ruang kelas sebagaimana lazim dilakukan oleh tenaga pendidik: guru maupun dosen. Langkah yang tepat namun tanpa persiapan yang memadai. Akibatnya banyak tenaga ..

Lorem Ipsum is simply dummy text.

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s.

Lorem Ipsum is simply dummy text.

Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s.